More

    Prabowo Terus Upayakan Rekonsiliasi demi Bangsa

    Kubu yang mendukung Prabowo Subianto, pemenang Pemilihan Presiden 2024, terus berusaha memperbaiki hubungan politik dengan kelompok politik di luar koalisi yang mendukungnya.

    Habiburokhman, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, menyatakan bahwa Prabowo sedang menjajaki upaya tersebut dengan belajar dari Presiden Joko Widodo, yang mengajaknya untuk bergabung dalam pemerintahan setelah Pemilihan Presiden 2019.

    Pertemuan Prabowo dan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (11/4/2024), membahas tentang rekonsiliasi tersebut.

    “Terutama bagaimana memupuk negara efektif, rapat-rapat yang efektif dengan para elite dan Pak Jokowi itu kan orang yang care,” ujar Habiburokhman di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Kamis sore.

    “Maka, Prabowo menghadapi periode transisi setelah keputusan Mahkamah Konstitusi, jadi kita harus bergerak cepat. Kami tidak ingin menyia-nyiakan waktu, itu kesan yang saya dapat,” katanya.

    Saat ini, Prabowo telah bertemu dengan dua tokoh yang sebelumnya berseberangan dengannya pada pemilihan presiden sebelumnya.

    Baca Juga : Ini 3 Poin Penting dari Kesaksian Sri Mulyani di Sidang MK!

    Pertama, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem yang mendukung pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pertemuan tersebut terjadi di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta, pada 22 Maret 2024.

    Kedua, ia bertemu dengan Sandiaga Uno, mantan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mendukung pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Sandiaga mengunjungi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada malam Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024).

    Upaya Rekonsiliasi dengan PDIP & PKB

    Sekarang, Gerindra sedang aktif dalam upaya mendekati PDI-P, dan tampaknya mendapat tanggapan yang positif.

    Baca Juga : Prabowo Adalah Wajah Baru Politik Luar Negeri Indonesia

    Sejumlah tokoh penting PDI-P menyatakan kesiapannya untuk menjajaki kemungkinan pertemuan antara Prabowo dan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

    Bahkan, Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, telah bertemu dengan Megawati di rumahnya, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, pada Rabu.

    Namun, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa dia belum mendapatkan informasi rinci tentang pertemuan tersebut.

    “Beberapa hal telah disampaikan kemarin sore, tetapi rincian detailnya belum terlalu jelas bagi saya,” ujar Dasco.